PENGARUH MUATAN BERLEBIH (OVERLOAD) TERHADAP UMUR RENCANA PERKERASAN JALAN
Di jalan raya banyak ditemuakan kendaraan yang bermuatan lebih, akan menyebabkan kerusakan dini pada perkerasan jalan dan akan mengurangi umur rencana perkerasan jalan. Berdasarkan hal tersebut perlu dianalisa pengaruh muatan lebih terhadap umur rencana perkerasan jalan. Untuk mengetahui seberapa besar penurunan umur rencana dan sisa umur rencana jalan dilakukan analisa dan perhitungan data timbang muatan sumbu terberat (MTS) di lapangan, mengetahui sumbu dan distribusi beban kendaraan, menganalisa perhitungan lintas ekivalen rencana (LER) muatan normal, lalu lintas harian rata-rata awal umur rencana (LHRo), lalu lintas harian rata-rata ahir umur rencana (LHRn), lintas ekivalen permulaan (LEP)umur rencana, lintas ekivalen akhir umur rencana (LEAn), lintas ekivalen tengah (LET), lintas ekivalen rencana (LER), perhitungan lintas ekivalen rencana (LER) akibat muatan lebih di lapangan, menghitung LHR akhir (LHRn), penurunan umur rencana perkerasan jalan akibat muatan lebih. Dari hal tersebut diatas maka salah satu faktor kuat akan kerusakan dini perkerasan jalan bersumber dari oveload muatan kendaraan. umur rencana jalan sering tidak tercapai.
referensi
Bina Marga, 1983, Manual Pemeriksaan Perkersan Jalan Dengan Alat Benkelman Beam, Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.
Sukirman, 1992, Perencanaan Perkerasan Lentur Jalan Raya, Edisi ke - 2, Penerbit Nova, Bandung
Komentar
Posting Komentar